Sambut Kedatangan Tim Penilai Kota Bersih, Kepala DLH Rohil Lakukan Berbagai Persiapa.

Rokan Hilir65 Views

BAGANSIAPIAPI – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) melakukan berbagai persiapan untuk menyambut kedatangan tim penilai dari DLHK Riau. Persiapan itu, mulai dari melakukan koordinasi dengan OPD terkait, tim koordinator, pengawas hingga hingga petugas DLH.Senin 13/3/2023

“Kami dari Dinas Lingkungan Hidup setiap hari melakukan pemantauan dan peninjauan ke lokasi-lokasi yang akan ditinjau dan dilakukan oleh tim penilai Kota Bersih se-Provinsi Riau. Alhamdulillah, dari pengamatan kami di lapangan, persiapan kita sudah mendekati final dan siap menyambut kedatangan tim penilai DLHK Provinsi Riau,” ungkap Kepala DLH Rohil Suwandi SSos, saat memantau dan meninjau lokasi-lokasi yang akan dinilai, Senin (13/3/2023).

Lanjut Suwandi, pihaknya juga juga sudah melakukan rapat koordinasi dengan OPD terkait, yang berkaitan dengan titik pantau dibawah kewenangan masibg-masing OPD. Misalnya, Disperindag di Pasar Datuk Rubiah; kawasan terminal oleh Dishub; sekolah dengan Disdik dan sebagainya.

“Tim koordinator kita sudah bekerja di apangkan bersama pengawas dan petugas. Mudah-mudahan apa yang kita inginkan, apa yang kita cita-citakan bisa tercapai, seperti tahun lalu, kita meraih juara satu tingkat Provinsi Riau, dan tahun ini insya Allah bisa kita pertahankan kembali,” ucap Suwandi.

Sementara, untuk kedatangan tim penilai DLHK Provinsi Riau informasi yang didapatkan antara tanggal 15 sampai dengan 17, karena mereka juga melakukan penilaian di tempat yang lain. “Mudah-mudahan dapat terlaksana dalam beberapa hari ini,” jelasnya.

“Sementara untuk kategori penilaian Kota Bersih se-Provinsi Riau, ada beberapa komponen, di antaranya pengelolaan ruang terbuka hijau, pengelolaan sampah, dan kebersihan lingkungannya, seperti parit dan taman, di perumahan, di perkantoran, kemudian juga di sarana umum lainnya, seperti Taman Budaya, Taman Kota dan Hutan Kota, itu semua akan dinilai sesuai dengan titik pantau yang akan dilakukan oleh tim penilai DLHK Provinsi Riau,” tambah Suwandi.

Dalam kesempatan ini, Kepala DLH Rohil Suwandi SSos juga mengimbau kepada masyarakat setempat yang berada di perumahan dan pinggir jalan yang akan dinilai tim pantau, agar membersihkan perkarangan rumahnya dengan memotong rumput, dan juga membuang sampah pada tempatnya.

“Saya lihat di masing-masing rumah warga yang masuk penilaian tim pantau masih banyak yang rumputnya belum ditebas, belum ditata dan dirawat, dan kami sudah melakukan koordinasi dengan datuk penghulu setempat untuk melakukan koordinasi dengan warganya. Mudah-mudahan bisa dikerahkan masyarakat untuk melakukan gotong goyang untuk membersihkan perkarangan rumahnya masing masing,” harap Suwandi. (*)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *