Pentingnya Pengembangan Profesionalisme Guru dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran

Oleh : Eko Wahyudi
Mahasiswa Magister Pedagogi
Sekolah Pascasarjana
Universitas Lancang Kuning

 Pendidikan merupakan tombak utama kemajuan suatu bangsa.

Sesuai dengan program yang digaungkan pemerintah dalam konsep Suistainable Development Goals (SDGs) untuk mewujudkan pendidikan yang berkualitas. Selaras dengan itu, pencapaian pendidikan berkualitas harus diiringi dengan meningkatnya kualitas pembelajaran, dan hal ini kekuatan peran seorang guru sangatlah penting.

Dalam pencapaian kualitas pembelajaran, guru perlu mengembangkan profesionalisme dalam dirinya. Hal ini merupakan poin utama, karena guru adalah aktor penting dalam proses pembelajaran. Dengan profesional tersebut guru diharapkan dalam menjalankan tugasnya dapat mencapai hasil dan tujuan yang optimal sebagaimana telah tertuang dalam UU Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional pada BAB II pasal 3 yaitu:

“Pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab”.

Pengembangan profesionalisme memberikan arti penting dalam penerapan strategi pembelajaran yang diberikan guru dalam proses pembelajaran demi tercapainya pembelajaran yang berkualitas. Semakin guru memiliki kekuatan professional, maka guru mampu membaca situasi dalam memberikan sumbangsih ide untuk pencapaian pembelajaran berkualitas.

Sesuai dengan hal tersebut, definisi yang hampir sama mengenai guru terdapat dalam UU Nomor 14 Tahun 2005 tentang guru dan dosen bahwasanya guru adalah pendidik professional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik pada Pendidikan usia dini jalur Pendidikan formal, Pendidikan dasar, dan Pendidikan menengah.

Pengembangan profesionalisme guru dalam meningkatkan kualitas pembelajaran saat ini tidak hanya berfokus bagaimana dengan guru memberikan informasi-informasi ilmu pengetahuan dan teknologi, namun guru harus memberikan kekuatan dalam penanaman moral dan etika di era globalisasi.

Perlu menjadi perhatian penting secara global, bahwa pengembangan profesionalisme guru memberikan kekuatan untuk menjadikan pembelajaran berkualitas dan terwujudnya pendidikan berkualitas sehingga mampu memberikan sumbangsih kepada bangsa menjadi sebuah bangsa yang berintegritas dan berdaya saing.

Perlu menjadi perhatian khusus dalam pengembangan guru untuk meningkatkan kualitas pembelajaran yang merupakan hal penting untuk menjadi jembatan menciptakan pendidikan berkualitas. Dalam implementasi proses pembelajaran, guru menjadi peran yang sangat intens untuk keberhasilan pembelajaran.

Pengembangan profesionalisme guru menjadi poin utama dalam memberikan solusi untuk menciptakan pembelajaran berkualitas dan pendidikan berkualitas, sehingga gaungan program konsep Suistainable Development Goals (SDGs) dapat terwujud dengan baik. Jadi, sebagai guru yang merupakan aktor penting dalam kekuatan pendidikan, maka perlu secara berkelanjutan untuk mengembangkan dirinya dalam segi professionalisme untuk keberlangsungan dan keberhasilan pembelajaran.

 

 

idulfitri

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *