Menggelar Halal Bi Halal Dirumah induk Suku Melayu Datuk Marajo

Riau353 Views

Lipatkain Kampar Kiri. Persukuan Melayu Datuk Marajo (Andi Rowasi) Kenegerian Lipatkain.Kampar Kiri. Kampar. Mengadakan Halal Bi Halal di Rumah Sompu atau Rumah Induk dari Suku Melayu Datuk Marajo.04 April 2023.

 

Dalam hal ini ,kenapa diadakan di Rumah Sompu. Mengingat bahwa dirumah Induk inilah tempat berkumpulnya keturunan “Asli” dari Suku Melayu Datuk Marajo tersebut. 

 

Menurut salah seorang perangkat dari suku tersebut mengatakan bahwa selain keturunan asli dari Puteri Marajo atau Puteri Majo yang ada sekarang ini hanya ada di garis keturunan Datuk Marajo (Andi Rowasi) dalam sambutan Mamak Limbago suku Melayu Datuk Marajo, Halal Bi Halal ini merupakan agenda tahunan yang diadakan pada setiap setelah Idul Fitri. 

Harisman.Kr. salah satu mamak limbago menambahkan ; bahwa Mamak Limbago yang menyediakan semua persyaratan dan ruang tempat bagi Perangkat Suku Datuk Marajo untuk bertemu dan ber Halal Bi Halal. 

 

untuk pelayanan kegiatan tersebut :

menghidangkan konsumsi untuk para Ninik Mamak Suku Melayu ,Datuk Marajo di tangani oleh Ipar – ipar dari anak kemenakan serta cucu dari Suku Melayu Datuk Marajo tersebut. 

 

Dalam kata sambutan yang di sampaikan oleh Datuk Marajo (Andi Rowasi) berharap kepada para ninik mamak dan perangkat suku agar tetap kompakdan saling. menjalin kerjasama di tengaah tengah masyarakat. Walaupun ada sedikit permasalahan di perangkat suku, itu adalah sebuah tantangan untuk mempererat persaudaraan. 

 

” Kita tahu mana yang benar dan mana yang salah, biarlah Allah yang akan menunjukkan jalan penyelesaiannya nanti ” . Acara ini diisi dengan Tausiah dari Ustadz Aldian.S.Pd.I. dalam tausiahnya ,beliau mengajak semua yang hadir untuk saling meningkatkan hubungan silaturahim setelah sebulan penuh berinteraksi dengan yang Maha Khalik yang meningkatkan Hablumminallah.

 

dan selanjutnya meningkatkan hubungan silaturahim sesama manusia . Hablumminanas sampai dengan halal bi halal yang akan datang . 

 

Sementara setelah acara makan bersamam para ninik mamak dan perangkat suku serta anak kemenkan serta cucu dan diiringi oeh para ipar ipar dari Suku Melayu Datuk Marajo, saling bersalaman dan saling menyemangati agar tetap bersatu dan terus mengeratkan tali silaturahim.

 

dalam pada itu Ibu Sompu Melayu Datuk Marajo yakni Hj. Sariana berharap agar segera di bentuk forum komunikasi Puteri Marajo yang membantu para Perangkat Suku Melayu Datuk Marajo dalam mengenalkan acara tradisi adat istiadat kaum Perempuan Puteri Marajo dalam kegiatan adat di Kenegerian Lipatkain.

 

Harapan ini nampaknya mendapat sambutan dari para anak kemenakan serta ipar ipar perempuan dari Suku Melayu Datuk Marajo. Dalam waktu dekat juga akan diadakan musyawarah bersama Melayu Datuk Marajo Kenegerian Lipatkain yang ” Asli ” keturunan dari Datuk Marajo Kenegerian Lipatkain. (Ars/Diarto kobka) 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *