Buntut Korupsi BTS 4G: Johnny Dicopot Jokowi, Mahfud Jadi Plt Menkominfo

Nasional36 Views

Jakarta – Sederet proyek besar menanti Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) baru yang harus dirampungkan sampai tahun 2024. Untuk sementara ini, Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah menunjuk Plt Menkominfo, yaitu Menko Polhukam Mahfud Md.

Korupsi BTS 4G.20/05/2023

 

 

Jokowi telah resmi mencopot Johnny G Plate dari jabatan Menkominfo usai ia tersandung kasus dugaan korupsi BTS 4G Bakti Kominfo yang ditetapkan sebagai tersangka oleh Kejaksaan Agung (Kejagung).

 

 

Kasus ini bermula saat pemerintah berencana memperluas jaringan internet di daerah terdepan, terluar, dan tertinggal (3T) melalui pembangunan infrastruktur base transceiver station (BTS) 4G dan infrastruktur pendukung paket 1, 2, 3, 4, dan 5. Proyek ini dibuat agar akses internet merata di Indonesia.

 

 

Dalam proyek tahun 2020-2022 tersebut, Kominfo dalam hal ini Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (Bakti) menerapkan sistem kerja sama operasi (KSO) bersama perusahaan operator seluler yang memiliki lisensi di Indonesia.

 

Namun, dalam pelaksanaan perencanaan dan pelelangan, Kejagung mengendus adanya perbuatan melawan hukum berupa rekayasa dan pengondisian proses lelang proyek BTS tersebut.

 

Hal ini menjadikan proses pengadaan infrastruktur proyek itu tidak memiliki kondisi persaingan yang sehat sehingga pada akhirnya diduga terdapat kemahalan harga yang harus dibayar oleh negara.

 

 

Jokowi mengungkapkan menghormati proses hukum yang menerjat Johnny G Plate. Ia menilai Kejagung akan menangani kasus tersebut secara transparan.

 

Terkait jabatan Menkominfo yang kosong, Jokowi telah menunjuk Menko Polhukam Mahfud Md sebagai Plt Menkominfo.

 

 

Pencopotan Johnny dan penunjukan Mahfud ini tertuang dalam Keputusan Presiden Nomor 41/P Tahun 2023 mengenai Pemberhentian dan Penunjukan Pelaksana Tugas, Wewenang, dan Tanggung Jawab Menteri Komunikasi dan Informatika Kabinet Indonesia Maju Periode Tahun 2019-2024.

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *